Mengharap Nasib Ujian Nasional Dari Mas Makarim Menteri Nadiem

Mengharap Nasib Ujian Nasional Dari Mas Makarim Menteri Nadiem

Berita

Ujian Nasional (UN) mungkin saja tinggal cerita lama. Saat ini, ketentuannya berada pada tangan Mendikbud Nadiem Makarim yang akrab dipanggil ‘mas menteri’. Ada tinjauan perihal peniadaan ujian nasional itu dibenarkannya oleh Nadiem. Walau begitu, ia belum merinci bab ide itu ataupun substitusi ujian nasional. ” Itu (peniadaan UN) yang tengah kami bahas. Ditunggu-tunggu infonya, ” ujat Nadiem di Ballroom The Ritz Carlton Hotel Kuningan, Jakarta Selatan, Kamis (28/11/2019) .

Nadiem belum bicara panjang lebar bab pandangan itu. Akan tetapi, ia mengatakan Kemendikbud tengah membawa rencana merdeka belajar. Menurut dia rencana itu bebaskan sekolah buat membuat kreatifitas serta perubahan. Rencana itu digagas lantaran menurut Nadiem, metode pendidikan sekarang ini sifatnya begitu administratif. Sampai, ujarnya, guru cuma membimbing apa yang tertulis di silabus.

Baca juga : SEA Games 2019: Duh, Tim Nasional U-22 Tidak Menyengaja Makan Daging Babi

Nadiem mengatakan rencana merdeka belajar tidak bisa bisa diakhiri saat lima tahun ke depan. Akan tetapi sekurang-kurangnya pekerjaan Kemendikbud sekarang ini yaitu ganti rencana belajar itu. ” Ini satu rencana yang mungkin begitu tidak sama dari yang saat ini, namun tidak bisa bakal terwujud dalam 5 tahun. Dapat terwujud mungkin 10-15 tahun. Namun pekerjaan saat lima tahun ke depan ini yaitu sekurangnya ganti rencana, ” ujarnya.

Leave a Reply