Lagi, Korea Selatan Akan Beli 20 Jet Tempur Siluman F-35 AS

Lagi, Korea Selatan Akan Beli 20 Jet Tempur Siluman F-35 AS

Berita

Berita asia ~ Korea Selatan (Korsel) akan mengawali step ke-2 dari gagasannya untuk mengakuisisi 20 jet tempur siluman F-35 Lockheed Martin Amerika Serikat (AS). Negara Asia ini sudah mempunyai nama kode tertentu untuk jet tempur siluman yang mereka beli, yaitu F-X III. Agen penyediaan senjata negara Korea Selatan sudah memverifikasi persiapan pembelian step dua pesawat tempur siluman generasi ke lima itu. Sebatas didapati, negara yang menjadi salah satunya kemampuan ekonomi Asia itu sudah pesan 40 unit F-35A untuk operasi Angkatan Udara dibawah persetujuan tahun 2014 sejumlah seputar USD6,4 miliar. Pengirimannya telah diawali awal tahun ini.

“Pemerintah sedang siap-siap untuk mengeluarkan babak ke-2 FX III pada tahun 2021 untuk lima tahun akan datang,” kata Administrasi Program Akuisisi Pertahanan atau DAPA dalam satu laporan pada Majelis Nasional pada 7 Oktober, seperti diambil Defense News, Jumat (11/10/2019) Lapora DAPA mengatakan seputar USD3,3 miliar akan didistribusikan untuk beli pesawat penambahan bikinan Lockheed Martin itu. Variasi F-35 yang sedang diperhitungkan untuk dibeli Korea Selatan sudah jadi titik pembicaraan, walau beberapa sumber pertahanan menjelaskan pemerintah akan beli F-35A dibanding variasi F-35B sebab kemampuan takeoff pendek serta pendaratan vertikal atau STOVL.

Potensi STOVL sangat mungkin pesawat terlepas landas serta datang dari kapal pendarat besar baru Korea Selatan yang diperkirakan untuk diletakkan pada tahun 2030-an. “Institut Analisa Pertahanan Korea yang didanai negara atau KIDA sudah mengaitkan satu studi mengenai akuisisi penambahan pesawat F-35, serta studi ini tunjukkan jika semakin banyak pengenalan F-35 semakin lebih wajar,” kata seseorang sumber di Kementerian Pertahanan Nasional pada Defense News yang bicara dalam keadaan anonim.

Pada bulan Juli, militer Korea Selatan menyepakati gagasan untuk membuat kapal helikopter type kapal induk type pendaratan jadi sisi dari gagasan penimbunan kemampuan periode panjangnya. Kemampuan kapal baru itu akan 2x lipatnya dari dua kapal semacam awalnya. “Ada dua permasalahan (dengan memperoleh) F-35B. Pertama, ini tambah mahal dibanding versus konvensional terlepas landas serta datang. Ke-2, penebaran kapal pendarat type kapal induk jauh dari saat ini,” lanjut sumber itu.

Pada 1 Oktober, Angkatan Udara memperlihatkan F-35A-nya untuk kali pertamanya semenjak terima jet-jet tempur hebat itu waktu upacara Hari Angkatan Bersenjata. Service militer selama ini sudah bawa delapan unit, dengan lima datang di Korea Selatan di akhir tahun. Sekitar 14 pesawat direncanakan dikirim ke Korea Selatan tahun kedepan. “Untuk penebaran operasionalnya, kami saat ini lakukan proses berkaitan seperti kursus pilot serta teknisi perawatan dan pembangunan sarana serta skema yang berkaitan,” kata DAPA dalam laporan yang dikatakan pada anggota parlemen pada 10 Oktober.

“Jadi fokus perhatian dari Pola penargetan strategis negara itu menantang pasukan lawan yang mungkin, pesawat yang menghindarkan radar ini diinginkan bisa tingkatkan potensi operasional serta menguatkan postur persiapan pada intimidasi dari semua arah.” F-35A bisa terbang dengan kecepatan optimal Mach 1.8 serta bawa skema senjata top-of-the-line seperti Gabung Direct Attack Munition.

Korea Utara sudah mengutuk mobilisasi pesawat F-35 di Korea Selatan sebab potensi jet yang dapat menghindarkan radar bisa tembus wilayahnya. Pada bulan Juli, Pyongyang meneror akan merusak semua F-35A yang datang di Korea Selatan. Seseorang petinggi senior Korea Utara diambil oleh media yang diurus pemerintah menjelaskan jika Korea Utara tidak punyai alternatif lain tidak hanya meningkatkan serta mengetes persenjataan spesial untuk betul-betul merusak senjata mematikan yang diperkokoh di Korea Selatan.

Korea Utara lakukan eksperimen rudal balistik jarak pendek baru serta roket terpandu dalam beberapa waktu paling akhir. Senjata-senjata itu, kata beberapa pakar, direncanakan untuk direncanakan ke tempat F-35. Rudal balistik, yang diidentifikasi jadi KN-23, kelihatan sudah dimodelkan seperti SS-26/Iskander Rusia. Senjata itu dipercaya dapat bermanuver pada ketinggian serta trek yang berlainan sepanjang penerbangan untuk menghindarkan rudal anti-balistik.

One thought on “Lagi, Korea Selatan Akan Beli 20 Jet Tempur Siluman F-35 AS

Leave a Reply