Iran Akan Lakukan Balas Dendam Karena Qassem Soleimani Terbunuh

Iran Akan Lakukan Balas Dendam Karena Qassem Soleimani Terbunuh

Berita

Presiden Donald Trump menuturkan serangan drone Amerika yang tewaskan jenderal Garda Revolusi Iran Qassem Soleimani bukan buat mengawali perang dengan Iran.

Trump mengaku dia memberlakukan serangan presisi pada komandan dinas keamanan serta intelijen Iran sebab dia berencana serangan pada Amerika.

“Kami menangkapnya dalam aksi itu serta menghentikannya,” kata Trump pada Jumat, satu hari sehabis serangan yang tewaskan Qassem Soleimani di lapangan terbang Baghdad, seperti diadukan CNN, 4 Januari 2020.

Trump menuturkan di Mar-a-Lago kalau Soleimani mestinya dibunuh oleh presiden awal mulanya serta ketentuannya jadi satu diantara mencegahan serta bukan agresi.

“Kami memandang aksi semalam buat menyudahi perang. Kami tak ambil aksi buat mengawali perang,” kata Trump.

Biarpun Trump dalam hari Jumat mengusahakan buat menerangkan serangan itu jadi mencegahan perang, dia terus meneror beberapa pemimpin 7mnc Iran dengan serangan seterusnya bila mereka menambahkan bertindak de-stabilisasi di Timur Tengah.

“Kami tidak akan pergantian rezim, ” kata Trump, sambil mengimbuhkan kalau pemanfaatan perang proksi Iran mesti selesai.

Cerita Trio Prabowo, Suryo serta Sjafrie: Lulus Akmil, Melalui Waktu Perselisihan

Sesaat Menteri Pertahanan Iran Amir Hatami menuturkan Iran akan membalas dendam atas pembunuhan Mayor Jenderal Iran Qassem Soleimani, menurut kantor berita negara IRNA, diadukan Reuters.

“Balas dendam yang membinasakan akan diambil buat membalas pembunuhan Soleimani yang tak adil . . . Kami akan membalas dendam dari semua yang terjebak serta bertanggung-jawab atas pembunuhannya,” kata Hatami.

Dilansir dari TIME, Soleimani, 62 tahun, pimpin Pasukan Quds, cabang Garda Revolusi Iran yang bertanggung-jawab buat operasi di luar negeri, di mulai dari sabotase serta serangan intimidasi sampai menyuplai milisi yang bekerja jadi pasukan alternatif Iran.

Mayor Jenderal Soleimani didapati melapor serta memperoleh perintah langsung dari serta terhadap Ali Khamenei, Pemimpin Paling tinggi Iran, menurut Sky News.

Di luar masalah dalam negeri, diatur oleh Presiden Hassan Rouhani, jenderal besar di pandang jadi orang paling kuat ke-2 di negara ini. Pengamat sudah menilai status Qassem Soleimani seperti wapres AS.

One thought on “Iran Akan Lakukan Balas Dendam Karena Qassem Soleimani Terbunuh

Leave a Reply