Irak Diserbu Ribuan Pasukan AS Dari Suriah

Irak Diserbu Ribuan Pasukan AS Dari Suriah

Berita

Pasukan Amerika Serikat (AS) lewat masuk Irak dari Suriah lewat perlintasan tepian Sahela di propinsi Dohuk.

Rekaman video Reuters tunjukkan barisan kendaraan lapis baja bawa tentara ke arah Irak. Gerakan ini sisi dari penarikan pasukan AS dari Suriah. “Lebih dari 100 kendaraan militer lewat,” papar kameraman Reuters.

Sumber keamanan Kurdi Irak menerangkan, pasukan AS sudah lewat masuk ke daerah semi otonom Kurdi di Irak. “Seputar 30 trailer serta Hummer bawa perlengkapan berat lewat, dengan tentara di beberapa kendaraan,” tutur sumber keamanan Irak. Sumber yang lain di Mosul menerangkan pasukan AS sudah lewat masuk Irak dari Sahela.

China: AS Kembali Pada Mentalitas Perang Dingin, Beresiko Perang Nuklir

Menteri Pertahanan (Menhan) AS Mark Esper menerangkan, seputar 1.000 tentara yang ditarik dari Suriah utara direncanakan bergerak ke Irak barat untuk meneruskan kampanye menantang militan Negara Islam Irak serta Suriah (ISIS) serta menolong bela Irak.

Pada minggu lalu, Turki setuju dengan Wakil Presiden AS Mike Pence untuk lima hari gencatan senjata di Suriah timur laut untuk memberikan waktu pejuang Kurdi mundur dari zone aman yang akan dibuat Turki di selama perbatasannya dengan Suriah.

One thought on “Irak Diserbu Ribuan Pasukan AS Dari Suriah

Leave a Reply